Pentingnya Kebersihan Air dan Peralatan Dalam Aplikasi Mortar

Sebagai bahan bangunan modern, Mortar Tiga Roda menawarkan kepraktisan dalam penggunaan karena tinggal dicampur air saja. Namun agar mendapatkan hasil maksimal, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengaplikasian Mortar Tiga Roda.

Pertama-tama, air yang digunakan harus air bersih yang tidak mengandung pasir atau tanah, juga bukan bekas mencuci peralatan kerja. Demikian juga dengan peralatan yang digunakan untuk mencampur Mortar Tiga Roda dengan air, seperti misalnya ember atau sendok semen. Harus diupayakan tidak mengandung sisa-sisa campuran semen konvensional atau semen biasa.

Air dan peralatan yang tidak bersih dikhawatirkan akan memengaruhi hasil akhir. Terutama untuk aplikasi acian seperti Mortar Tiga Roda TR-30. Air dan peralatan yang kurang bersih akan membuat warna adonan Mortar terpengaruh dan bukan tidak mungkin mengurangi daya rekat.

Selain itu komposisi campuran air dan Mortar Tiga Roda harus diperhatikan sesuai aturan yang tertera. Misalnya untuk Mortar Tiga Roda TR-30 Acian Putih, dapat digunakan perbandingan 70% Mortar Tiga Roda TR-30 dan 30% air. Untuk memudahkan, sebanyak 30% air dapat disiapkan lebih dulu dalam ember baru kemudian 70% Mortar Tiga Roda Acian Putih ditambahkan secara bertahap sambil diaduk.

Peralatan yang disarankan untuk mengaduk boleh memakai sendok semen, mixer tangan, atau bor listrik yang sudah dimodifikasi dengan mata atau ujung mixer. Namun yang terpenting adalah kebersihan alat-alat yang dipakai tersebut.

Hasil campuran atau adonan Mortar Tiga Roda yang ideal adalah seperti pasta. Tidak terlalu basah atau encer, namun juga tidak terlalu kering. Sehingga akan didapat hasil aplikasi Mortar Tiga Roda yang lebih rekat, lebih kuat, tahan lama, tahan retak serta lebih ekonomis.